Minggu, 10 Juni 2012

FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Sistem Informasi adalah seperangkat unsur yang saling terkait atau komponen yang mengumpulkan (input), memanipulasi (proses), dan menyebarkan (output) data dan informasi dan menyediakan mekanisme umpan balik untuk memenuhi tujuan organisasi. Terbatas pada komputer berbasis Sistem Informasi merupakan aplikasi komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Sedangkan Teknologi Informasi dapat didefinisikan sebagai berikut:
  • Teknologi yang mendukung sistem informasi untuk melakukan tugas tertentu.
  • Teknologi Informasi  terdiri dari artefak untuk koleksi, penyebaran, penyimpanan, dan manipulasi data.
  • Platform komputasi digunakan untuk menyediakan layanan komputasi yang menghubungkan karyawan, pelanggan, dan pemasok ke dalam lingkungan digital yang koheren.

        Dalam suatu unit organisasi terdapat bagian penting yang disebut strategi SI/TI. Strategi SI menentukan kebutuhan organisasi akan sistemsistem informasi untuk mendukung seluruh strategi bisnis. Sedangkan strategi TI ikut menggambarkan visi bagaimana kebutuhan organisasi akan informasi dan sistem yang didukung oleh teknologi informasi. Adapun yang menjadi tujuan dari strategi SI/TI adalah sebagai berikut:
  • Keselarasan SI/TI dengan bisnis
  • Mendapat keunggulan kompetitif dari peluang bisnis yang dihasilkan dengan TI
  • Menciptakan efektiftas pembiayaan, dan
  • Mengembangkan sumber daya dan kompetensi yang sesuai

         Sebagai salah satu poin penting dalam jalannya suatu unit organisasi, tak dapat dipungkiri SI/TI akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Faktor - fator yang berpengaruh terhadap pengembangan SI/TI adalah sebagai berikut:
  1. Internal Bisnis
    Aspek-aspek internal yang terkait dengan kondisi terkini pada suatu organisasi serta strategis, meliputi :
    a. Visi, misi dan strategis suatu organisasi, yang menjadi suatu pedoman arah akan seperti apa suatu organisasi tersebut di masa yang akan datang.
    b. Posisi organisasi dalam industry sekarang dan kekuatan apa saja yang mempengaruhinya.
    c. Kekuatan, kelemahan dan peluang organisasi
    serta tantangan di masa mendatang.
    d. Factor-faktor yang mempengaruhi
    kesuksesan strategi organisasi.
    e. Dokumen organisasi yang berhubungan
    dengan kegiatan utama dan kegiatan
    pendukung dalam suatu organisasi.
  2. External Bisnis
    Merupakan aspek-aspek di luar organisasi yang dapat mempengaruhi strategi organisasi misalnya:
    a. Aspek politik
    · Kebijakan pemerintah
    · Peraturan perundang- undangan
    b. Aspek ekonomi
    · Persaingan dalam industri
    · Tingkat permintaan dan penawaran
    · Tingkat inflasi
    c. Aspek social
    · Hubungan dan kepercayaan mitra kerja
    d. Aspek teknologi
    · Perkembangan teknologi
  3. Internal Teknologi
    Yaitu kondisi SI/TI saat ini yang digunakan dalam mendukung kegiatan operasional organisasi yang meliputi:
    a. Struktur organisasi SI/TI dan sumber daya dalam hal ini SDM
    b. Portofolio aplikasi sekarang. Maksudnya
    adalah aplikasi yang telah dimiliki organisasi
    dimasukkan ke dalam portofolio yang
    berguna untuk mengetahui kondisi TI pada organisasi sekarang ini.
    c. Pemetaan proses bisnis kedalam suatu model yang menggambarkan arus informasi yang terjadi dalam kegiatan bisnis organisasi
    d. Infrastruktur TI (Hardware, Software dan Network)
    e. Manajemen informasi (pengelolaan SI dan TI) yang telah dan akan dimanfaatkan oleh
    organisasi untuk mendukung tercapainya sasaran bisnis
  4. External Teknologi
    Yaitu perkembangan teknologi TI terkini dan trend ke depan, misalnya:
    a. Trend teknologi TI, bisa dengan mempelajari trend teknologi yang tengah berkembang, yang khususnya bisa diterapkan pada kegiatan/bisnis organisasi. Tujuan mempelajari hal ini adalah agar tidak
    terjadi kesalahan dalam pemilihan teknologi yang diterapkan dan dikembangakn dalam
    perusahaan. Tidak semua produk-produk
    TI tergolong baik. Dengan melihat trend dalam perkembangan TI sama artinya dengan mempelajari peluang baru yang dapat meningkatkan kinerja organisasi di masa akan datang, baik dalam peningkatan pendapatan, penurunan biaya atau pengembangan kegiatan/usaha bisnis.
    b. Teknologi yang sedang dipakai oleh pihak-
    pihak yang terkait dengan kegiatan/bisnis organisasi.
    c. Peluang dan kemungkinan penggunaan teknologi untuk keunggulan di masa mendatang.